Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Bisa Di Format

Ada beberapa sebab mengapa flashdisk rusak, pesan yang ditampilkan sama, misalnya disk is not formattedwindows unable to complete the format, dsb.

Flashdisk rusak disebabkan karena Windows tidak bisa membaca FAT (File Allocation Table) partition table USB. Lalu bagaimana cara memperbaiki flashdisk yang tidak bisa diformat ? Berikut ada beberapa solusi untuk menangani masalah berikut, silahkan coba satu persatu :

1. Format USB dengan menggunakan Linux.

Jika Windows tidak bisa memformat USB maka solusinya adalah dengan memformat USB di OS lain, dalam hal ini Linux, jika hanya untuk memformat USB, Yudhy bisa memakai Linux Live CD seperti Ubuntu.

2. Format USB lewat Command Prompt

Untuk beberapa kasus yang saya temui, format USB yang rusak bisa lewat command prompt, caranya :

  • Start > Run > ketik “CMD”
  • Pada layar command prompt ketik “format/x h:” (*h disini adalah drive USB, sesuaikan dengan drive USB)

fungsi dari format/x adalah “Forces the volume to dismount first if necessary.  All opened handles to the volume would no longer be valid.”

3. Format USB lewat disk management

Dari kedua cara di atas, cara ini bisa dibilang cukup ampuh untuk menangani kerusakan USB yang agak berat (*namun masih dalam masalah software/FAT), saya dapat tips ini setelah mengobok-obok Windows Vista yang baru saya install, bagaimana dengan di XP ?, tentu saja ada, kalau Windows 7 saya belum lihat (*kalau pembaca lain ada yang sudah coba tolong share disini ya).

Berikut langkah memperbaiki usb rusak lewat disk management :

  • Klik kanan pada My Computer > Manage.
  • Pilih disk management > klik kanan pada USB yang rusak
  • Kemudian pilih format.

4. Format USB lewat HP USB Disk Storage Format Tool

Jika ketiga langkah diatas gagal, semoga langkah ini dapat membantu, tools kecil ini berfungsi untuk memformat USB, selain itu HP USB juga dapat membuat USB bootable, silahkan download softwarenya dibawah, ukurannya kecil kok, 40 KB (*Zip).

Download HP USB Disk tools

Semoga empat tips ini dapat membantu buat yudhy dan kawan-kawan lainnya yang memiliki hal serupa, jika punya tips menarik seputar memperbaiki USB bisa dishare di kotak komentar.

Tinggalkan komentar