Cara Mengatasi Laptop Lemot Dan Penyebabnya

Pertama sebelum kita membahas untuk cara mengatasi laptop lemot,kita harus tau dulu penyebab kinerja laptop menurun.

Ada banyak penyebab baik itu dari sisi software baik itu menggunakan windows 7, windows 10, windows 8, bahkan linux sekalipun seperti terlalu banyak cache atau sampah,terlalu banyak aplikasi yang terinstall,atau ada juga karena laptop yang kita pakai terkena virus.

Selain dari sisi software tentu penyebab laptop menjadi lemot juga bisa jadi dari hardware yang mengalami masalah seperti RAM yang terlalu kecil,Processor panas atau overheat, Hardisk tua dan lainnya.

Karena sebagian besar dari kita mungkin sudah sering mengalami laptop atau komputer mendadak menjadi lemot dan merasakan kinerja pc atau komputer menurun drastis daripada saat baru kita membelinya.

Tentu hal ini adalah masalah besar bagi kita semua. Bahkan sering juga kita menjadi marah dan kesal karena tiba-tiba laptop mati mendadak, ngelag, overheat, dan bahkan restart sendiri.

Berikut adalah beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi laptop lemot :

5 Penyebab Laptop Lemot :

1. Terlalu Banyak Menginstall Aplikasi

cara mengatasi laptop lemot windows 7
Penyebab Laptop Menjadi Lemot

Penyebab pertama adalah karena kita terlalu banyak mengsinstall aplikasi pada pc kita.

Efeknya adalah akan mengakibatkan read/write data menjadi semakin lambat atau lamban.

Tetapi hal ini mungkin jarang terjadi bila kapasitas Hardisk atau penyimpanan kita cukup besar,misalnya 1 Terabyte.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Bisa Di Format

Tapi bereda jika kapasitas penyimpanan yang di gunakan hanyalah sekitar 320GB atau 500GB namun kita memasang aplikasi terlalu banyak sehingga mengakibatkan space penyimpanan tersisa sedikit.

2. Banyak Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang

cara mengatasi laptop lemot windows 10
Penyebab Laptop Menjadi Lemot

Biasanya laptop atau komputer kita memiliki aplikasi yang akan langsung berjalan secara otomatis ketika pc kita dihidupkan.

Nah semakin banyak aplikasi tersebut,maka semakin berat pula kinerja yang dibutuhkan oleh laptop kita untuk memprosesnya,hal ini tentu bisa menyebabkan kinerja laptop menjadi lemot.

3. Terkena Virus atau Malware

cara mengatasi laptop lemot dengan cmd
Penyebab Laptop Menjadi Lemot

Ini adalah penyebab laptop menjadi lemot yang kita semua patut takuti. Virus merupakan file yang kerjanya untuk merusak file atau komputer milik kita. Jadi ini juga menjadi salah satu penyebab komputer ngelag atau bahkan rusak.

4. Menjalankan Aplikasi Berat

cara mengatasi laptop ngelag
Penyebab Laptop Menjadi Lemot

Ini adalah alasan yang paling sering dijumpai disemua kalangan. Padahal setiap aplikasi mempunyai batas minimum untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Hal ini bisa terjadi di spesifikasi laptop yang rendah,tetapi beda cerita jika kita menggunakan spesifikasi laptop tinggi dan bagus.

5. Spesifikasi Komputer Rendah

cara mengatasi komputer lemot
Penyebab Laptop Menjadi Lemot

Komputer atau Laptop yang memiliki spec rendah adalah penyebab kinerja menjadi lamban. Biasanya semakin berkembangnya teknologi,maka semakin besar pula spec yang harus dimiliki oleh komputer atau pc yang kita gunakan.

Hal ini tentu akan menghambat performa komputer tua untuk mengikuti perkembangan software dan ini menyebabkan komputer menjadi lemot.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Jika komputermu sudah sangat lamban dan lemot,maka ada baiknya untuk melakukan beberapa cara di bawah ini :

1. Uninstall Aplikasi Tidak Berguna

Langkah pertama adalah hapus aplikasi atau software yang tidak terpakai guna untuk memperluas kapasitas penyimpanan pada drive C sehingga membuat sistem berjalan lebih baik.

Baca Juga :  Cara Tebas Index Website Terbaru Untuk Newbie

2. Pasang Antivirus Pada Laptop

Virus merupakan file yang berbahaya dan bisa menghambat kinerja laptop,maka pasang antivirus di laptop untuk mencegah dan menghapus virus yang sudah ada pada pc kita.

3. Tambah Kapasitas RAM

RAM merupakan komponen penting untuk membuat laptop menjadi ringan,maka ada baiknya jika kita menambah kapasitas RAM yang kita miliki untuk menadikan laptop semakin cepat.

4. Gunakan Software Booster

Kita juga bisa memasang aplikasi booster untuk mempercepat dan meringankan kerja laptop. Aplikasi booster pada laptop contohnya Advanced System Optimizer, CCleaner, Razer Game Booster, dan yang lainnya.

5. Ganti Memori HDD ke SSD

Sekarang ini sudah umum sekali dan banyak diketahui kalau SSD mempunyai kecepatan olah data yang lebih cepat dari HDD. Maka opsi ini bisa menjadi solusi untuk meningkatkan kecepatan dan mengatasi laptop lemot.

6. Install Ulang Windows

Semakin lama jangka install OS windows, maka biasanya semakin menurun pula kinerja software-nya.

Makadari itu saya sarankan untuk install ulang OS yang anda gunakan. Anda bisa mencoba untuk install windows 7, install windows 8, install windows 10, atau anda juga bisa men-install Linux.

Sekian adalah pembahasan untuk cara mengatasi laptop lemot. Bantu share artikel ini dan jangan lupa untuk membaca artikel lain di website KompterBlog ini supaya teman teman mu juga tau dan menambah wawasan kita semua.

Tinggalkan Balasan