Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah sebuah jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dengan tujuan untuk mengakses,berbagi,bahakan menghapus data. Jaringan komputer bisa dibangun dengan menggunakan gabungan antara software dan hardware.

Untuk cara membuat jaringan komputer,router dan switch harus menggunakan berbagai protokol dan algoritma untuk saling tukar data informasi dan untuk membawa hasil data ke tujuan akhir (kadang disebut host) yang diinginkan. Terkadang setiap host memiliki pengenal unik (alamat IP) yang digunakan untuk menunjukkan dan mengrahkan jalur transmisi pertukaran data. Titik akhir dari tujuan transmisi data ini bisa berupa server,handphone,telephone,dan berbagai jenis hardware lainnya.

Jaringan komputer juga terkadang bisa dibuat dengan gabungan teknologi kabel dan nir-kabel (wireless). Untuk jaringan yang menggunakan kabel,kamu memerlukan fiber optic,kabel coaxial,atau bahkan kabel tembaga. Sementara itu,untuk jaringan wireless adalah jaringan komputer yang menggunakan koneksi nir-kabel untuk menghubungkan antara host (titik akhir). Host ini bisa termasuk radio,microwave,tv,bahkan satelit.

Jaringan komputer pun bisa diubah menjadi private atau publik sesuai kebutuhan dan keinginan kita. Untuk jaringan private biasanya diperlukan akses untuk memasukan password agar dapat mengakses jaringan kita. Seringkali ini diberikan secara manual oleh pihak administrator atau langsung oleh pengguna melalui kata sandi atau tanda pengenal lainnya seperti barcode,id card,sidik jari,bahkan scan retina mata. Sedangkan untuk jaringan publik,kita bisa mengaksesnya secara langsung tanpa menggunakan sandi atau tanda kenal seperti pada jaringan private sebelumnya.

Ya itu adalah pengertian dari jaringan komputer,semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita bersama. Mulai sekarang kalau ada teman yang tanya ke kamu “apa itu jaringan komputer ?” kamu bisa menjelaskannya atau membagikan artikel ini.

Thanks for reading and happy sharing.

Tinggalkan komentar